22 Oktober 2009

HP dan Amazon.com Jual Versi Cetak Ebook

Siapa bilang bisnis buku cetak akan hancur begitu edisi digital makin menjamur. Buktinya HP dan Amazon.com malah bekerja sama dalam bisnis jualan edisi cetak dari buku digital (e-book), Rabu (21/10), menyusul langkah sama yang dilakukan Google.


Memang bisnis buku cetak kali ini agak berbeda dengan bisnis percetakan mainstream pada umumnya. Buku ditawarkan secara on demand dan baru dicetak sesuai jumlah permintaan. Buku yang ditawarkan adalah buku-buku lama yang sudah menjadi domain publik atau non-copyright.

Program yang dilakukan HP dan Amazon.com menawarkan lebih dari 500.000 judul buku yang versi digitalnya merupakan hasil pemindaian (scan) koleksi buku di perpusatakaan Universitas Michigan, AS. Dengan jasa ini, semua orang di bagian dunia manapun bisa mendapatkan versi cetak duplikat buku-buku yang langka bahkan andaikata hanya tinggal satu buah saja di perpustakaan.

Langkah yang sama sudah lebih dulu dilakukan Google bulan lalu. Google bekerja sama dengan percetakan kecil bernama On Demand Books untuk meenjual versi cetak buku-buku digital tersebut. Buku yang ditawarkan Google sudah mencapai lebih dari 2 juta judul buku hasil pemindaian selama 5 tahun terakhir.

Soal harga, Google merekomendasikan versi cetak ulang tersebut sebesar 8 dollar AS. Sementara, HP memperkirakan untuk setiap buku dengan 250 halaman membutuhkan biaya 15 dollar AS untuk sekali cetak.

Tawaran ini mungkin menjadi solusi bagi Anda yang masih malas membaca buku dalam format digital. Juga solusi buat Anda yang tertarik untuk mendapatkan versi cetak ulang buku-buku yang sudah tak dicetak lagi atau buku kuno yang sudah sangat langka. Tertarik?


Di Kutip Dari : kompas.com

0 comments :

Posting Komentar

RELATED POST :