26 Oktober 2009

Robotika Untuk Dunia Pendidikan Dan Anak

Ibu pertiwi patut tersenyum karena banyak anak muda yang hebat dan berbakat seperti Fabila Amani yang merupakan salah satu Siswi kelas IV SD Tunas Muda IKKT, Jakarta Barat, yang telah berhasil membuat suatu program robot bersama kelompoknya yang terdiri dari tiga teman sebaya dan satu guru pendamping. Mereka bersama-sama membuat program robot berjalan, seperti petunjuk Lucas C Gee, instruktur dari Klub Robotik G-COM.


Bayangkan "Mereka baru pertama kali ikut acara ini. Di sekolah sama sekali tidak diajari. Mereka juga belum pernah belajar pemrograman," kata Boaz Immanuel P, sang guru pendamping.

acara yang digelar oleh PT Bangun Sarana Wacana (BSW) di Gedung Kompas Gramedia Jalan Palmerah Barat, Minggu (25/10). Selain kelompok dari SD Tunas Muda IKKT, ada dua kelompok dari sekolah lain dan beranggotakan siswa dan siswi kelas IV-VI.

Pihak penyelenggara menyediakan satu robot Fischertechnik yang sudah dirakit untuk setiap kelompok. Selanjutnya, setiap siswa bertugas membuat bagan pemrograman pada perangkat lunak khusus dengan pengawasan dari guru pendamping.

Setelah satu jam melakukan praktik, hasilnya pun tampak. Semua kelompok berhasil menjalankan robotnya dengan perintah sederhana, maju dan berputar. Pada dua jam berikutnya, mereka melanjutkan sesi pemrograman itu sehingga robot bisa bergerak sesuai jalur khusus yang disediakan. Cukup rumit, tetapi mereka toh berhasil juga.

"Belum banyak sekolah yang memiliki ekstrakurikuler membuat robot. Praktik ini sebetulnya merupakan kurikulum untuk anak SMP," papar Henry Wibowo, Marketing Robotik BSW.

Menurut Henry, program pendidikan membuat program seperti itu belum banyak dimiliki oleh sekolah-sekolah di Tanah Air. Hanya sekolah-sekolah bertaraf internasional yang sudah menerapkannya dalam program ekstrakurikuler atau dalam mata pelajaran sains.

Dan saya berharap "suatu saat nanti tidak ada makhluk keturunan Indonesia yang tidak mengetahui dunia Informatika dan Robotika. Sehingga bangsa ini tidak terus di tinggalkan dengan bangsa-bangsa yang Lain "

Salam Newbie Pecinta IT :

0 comments :

Posting Komentar

RELATED POST :