29 November 2009

Perawatan Printer Yang Baik dan Benar

Ini adalah hal sepele namun sangat penting untuk menjaga kinerja kerja anda. karena menurut saya jika printer tak dirawat, printer bisa saja ‘ngambek’ dan kinerjanya menjadi tidak optimal. Untuk itulah, printer juga perlu dirawat layaknya perangkat elektronik lainnya agar tetap dalam kondisi baik.

Berikut beberapa tips mengenai cara merawat printer secara mudah dan murah. Ditanggung, printer Anda sehat dan bisa bekerja lebih maksimal.


Gunakan Printer secara Periodik :
Untuk mencegah kualitas cetakan yang buruk, gunakan printer Anda secara periodik sedikitnya 2-3 kali seminggu. Hal ini akan membuat aliran tinta dari lubang tetap lancar. Jika Anda termasuk jarang menggunakan printer, barangkali Anda perlu secarik kertas untuk mengingatkan Anda mencetak dengan tinta warna atau hitam putih sedikitnya 2 kali seminggu untuk menjaga kelancaran aliran tinta.

Matikan Printer Jika Tidak Digunakan:
Jangan lupa untuk selalu mematikan printer jika tidak digunakan. Hal ini akan mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam kepala printer.

Bersihkan Kotoran dalam Printer:
Bersihkan bagian dalam printer setiap satu atau dua minggu, tergantung seberapa sering dan seberapa banyak Anda menggunakan printer. Hal ini akan menjaga kemampuan printer Anda dalam mencetak. Jangan lupa mengamati apakah ada benda-benda yang tertinggal di dalam printer seperti penjepit kertas dan sebagainya. Jangan simpan printer di tempat berdebu atau penuh serangga. Jika memang tempatnya berdebu, ada baiknya bungkus printer dengan plastik untuk melindunginya dari kotoran.

Jagalah Cartridge dengan Baik Ketika Mengganti Tinta:
Cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus. Benda ini mungkin rusak jika diperlakukan sembarangan. Bisa jadi sinyalnya dengan komputer menjadi putus atau hasil cetakannya buruk. Karena itu, perlakukan cartridge dengan hati-hati.

Gunakan Diagnostic Tools:
Seluruh printer mempunyai software pertolongan tentang bagaimana merawat atau mengatasi permasalahan mengenai printer tersebut. Sediakan waktu mempelajarinya. Mungkin saja informasi yang disediakan bisa menolong Anda mengatasi permasalahan dalam printer Anda.

Matikan Printer Jika Gagal Mencetak:
Kegagalan dalam mencetak atau error message yang kadang muncul, terkadang bisa diatasi dengan mematikan tombol printer, kemudian mencabut kabel daya sedikitnya selama sepuluh menit. Setelah itu, masukkan lagi kabel daya tersebut pada colokannya, nyalakan printer dan cobalah mencetak kembali. Cara seperti ini seringkali mampu mengatasi kegagalan mencetak dengan baik.

Matikan Printer Terlebih dahulu secara manual :
Banyak yang sering melupakan hal ini. seperti satu kasus di mana kita ingin mematikan seluruh arus listrik pada alat-alat kerja kita(CPU,Monitor,Sound,Printer) hanya mematikan dari CPU dan monitor nya saja tanpa mengingat kepada printer. Kenapa si printer harus di mantikan manual terlebih dahulu sebelum mencabut kabel listrik nya. karena printer ketika dimatikan akan mengeser catridge secara automatic ke posisi semula tempat menampung pembuangan tinta yang kotor nah lalu bagaimana jika langsung di cabut saja dari kabelnya?? nah ini dia yang bahaya. pada dasarnya printer ketika di hidupkan dia akan membuang sedikit tinta yang ada di catridge untuk memperlancar tinta, ah kalo tinta itu di buang di sembarang tempa maka ini akan mengakibatkan komponent printer yang jorok dan bisa memperlambat bahkan merusak printer. jadi yang terakhir saran saya adalah matikan printer secara terlebih dahulu lalu matikan arus listrik dari kabelnya.

OKE

mohon maav yach jika ada kesalahan. karena saya a=juga adalah manusia biasa yang bisa salah ehehehehe :

Salam Newbie Pecinta IT :

2 komentar :

  1. terimakasih atas ilmunya... tetep semangat dan terus tambahin ilmunya pasti anda bisa......

    BalasHapus

RELATED POST :