29 November 2009

Seputar Microsof One Note

Microsoft OneNote. Inilah program yang khusus untuk keperluan pencatatan (note taking), berbeda dengan Microsoft Word yang merupakan program pengolah kata (word processing).

Banyak manfaat yang saya rasakan selama memakai OneNote satu bulan ini. Dengan OneNote saya bisa dengan mudah mencatat apa saja yang terlintas di pikiran dan mengelompokkannya secara teratur. Akibatnya produktivitas saya meningkat karena bisa mengorganisasi ide dan pemikiran dengan baik.


Berikut ini beberapa fitur yang saya sukai dari OneNote:

  1. Tidak perlu save
    Secara otomatis OneNote akan menyimpan apa saja yang kita tulis tanpa perlu memakai perintah save seperti biasanya. Di OneNote bahkan tidak ada perintah save ! Ini sangat memudahkan untuk menulis catatan secara cepat.
  2. Dikelompokkan dalam tab dan halaman
    Semua catatan dikelompokkan dalam beberapa tab (disebut section), dan setiap tab dibagi lagi menjadi beberapa halaman. Ini memudahkan pengorganisasian semua catatan sehingga kita bisa dengan mudah menemukan catatan yang kita cari.
  3. Setiap halaman bisa berisi banyak catatan
    Untuk setiap halaman, kita bisa membuat banyak catatan sekaligus. Cukup klik di mana saja di halaman itu dan kita bisa mulai menulis. Setiap catatan bisa digeser ke mana saja kita mau sehingga posisi catatan menjadi sangat fleksibel, tidak kaku seperti di Microsoft Word.
  4. Bisa membuat outline
    Kita bisa membuat outline dalam setiap catatan. Ini berarti untuk setiap baris item, kita bisa membuat catatan detailnya yang dapat ditampilkan atau disembunyikan. Ini memudahkan dalam mencatat dan mengembangkan ide, sebab kita bisa melihat gambaran besar maupun detail dengan mudah. Sifat ini mirip seperti yang terdapat di peta pikiran.
  5. Semua catatan ada di satu tempat
    Kalau kita menulis catatan kita di file teks atau Microsoft Word, biasanya ada banyak file untuk semua catatan kita, satu file untuk setiap jenis catatan. Ini menyulitkan kita saat hendak menuliskan catatan, karena kita harus mencari dulu file yang sesuai dan membukanya. Begitu pula saat kita hendak melihat catatan yang sudah ditulis, kita harus menemukan dulu file yang dimaksud. Bisa jadi ada file yang tercecer karena banyaknya. Dengan OneNote, semua catatan kita ada di satu tempat. Mudah ditemukan, lengkap dan tidak akan ada yang hilang atau tercecer.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur OneNote lainnya, seperti menyimpan catatan dalam bentuk suara, gambar, maupun tulisan tangan, tapi saya sendiri masih belum menggunakannya. Yang pasti, sekarang OneNote telah menjadi salah satu program yang paling sering saya gunakan !

0 comments :

Posting Komentar

RELATED POST :