30 Januari 2010

Pengenalan JavaScript

Apakah JavaScript?
JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Dengan JavaScript kita dapat dengan mudah membuat halaman web yang interaktif.

JavaScript tidak sama dengan Java!
Jva script adalah bahasa script merupakan bahasa pemrograman yang "sederhana" karena tidak bisa digunakan untuk membuat suatu aplikasi atau pun applet. Sedangkan Java merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystems dan merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi obyek. Java bisa digunakan untuk membuat suatu aplikasi yang berdiri sendiri atau pun sebuah aplikasi mini yang biasa disebut applet. Applet biasa digunakan pada halaman web supaya terlihat lebih dinamis. Terdapat banyak sekali aplikasi/applet yang ada.


Menjalankan JavaScript
Apa yang diperlukan untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript? Kita perlu JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript – misalnya Netscape Navigator (versi 2.0 ke atas ) atau Microsoft Internet Explorer (MSIE - versi 3.0 ke atas). Mengingat kedua browser di atas telah banyak beredar dan digunakan, pemilihan JavaScript sebagai untuk meningkatkan kemampuan halaman web menjadi sangat baik. Untuk menggunakan JavaScript kita harus telah mengenal baik HTML.

Mencantumkan JavaScript pada halaman HTML
Kode JavaScript dituliskan langsung pada halaman HTML. Mari kita lihat contoh sederhana berikut ini untuk mengerti bagaimana JavaScript bekerja:

Lihat Contoh Berikut :
<html>
<body>
<br>
Ini halaman HTML normal.
<br>
<script language="JavaScript">
document.write("Yang ini akibat JavaScript!")
</script>
<br>
Ini HTML lagi.
</body>
</html>

Contoh sederhana di atas kelihatan seperti halaman HTML normal. Satu-satunya hal yang baru
adalah bagian:
<script language="JavaScript">
document.write("Yang ini akibat JavaScript!")
</script>

Bagian di atas adalah contoh penggunaan JavaScript. Untuk melihat hasilnya simpan file di atas sebagai file HTML normal dan buka dari JavaScript-enabled browser. Hasilnya akan terlihat seperti berikut ini: (jika kita menggunakan JavaScript-enabled browser akan terlihat 3 baris):

Ini halaman HTML normal.
Yang ini akibat JavaScript!
Ini HTML lagi.

Sebenarnya script di atas tidaklah begitu berguna, namun bisa memberikan gambaran bagaimana cara menggunakan tag <script&gt. Segala sesuatu yang berada di antara tag <script> dan </script> di-interpretasi-kan sebagai kode JavaScript. Di situ kita bisa melihat penggunaan document.write() – salah satu perintah yang penting dalam pemrograman dengan JavaScript. document.write() digunakan untuk menulis sesuatu pada dokumen (dalam hal ini adalah dokumen HTML). Jadi program JavaScript sederhana kita di atas berfungsi untuk menuliskan text “Yang ini akibat JavaScript!” ke dokumen HTML.

2 komentar :

  1. Penting ? pasti dong ...dl banget jg bingung ko' mau ksh contoh tutorial html ga bisa2. ternyata hrs pake java script. begitulah pengalaman sy..

    BalasHapus

RELATED POST :