04 Februari 2010

Contoh Perintah Internal Pada Batch File

Beberapa hari yang lalu saya menulis tentang Pengertian Batch File dan kali ini saya akan mencoba memberi suatu contoh program sederhana yang saya buat berdasarkan hasil pelajaran saya tentang Batch Programing. Kali ini kita akan belajar membuat batch file sederhana dengan menggunakan perintah dasar "echo", tahu kan cara bikinnya bagaimana? Sekarang coba buka notepad nya semua, saya sarankan anda memakai Notepad++ agar lebih keren gitu dan lebih kumplit lagi sintaks nya.Oke sekarang coba anda ketikkan perintah seperti ini :


Echo belajar batchfile Andre Blog. . .

Perintah Echo ini berfungsi untuk menampilkan pesan komentar “belajar batchfile Andre Blog. . .” atau keterangan dan lain-lain yang diberikan oleh user ketika berada dalam kondisi tertentu.

Lalu silahkan anda simpan perintah tadi dengan nama Coba1.bat Kini coba anda jalankan file Coba1.bat... dan hasilnya ! ! ! jendela command prompt muncul sebentar terus hilang lagi deh ya kan ??

Lalu bagaimana agar kita bisa melihat apa isi dari command prompt tadi, nah saya akan sedikit berbagi tips nya agar jendela command prompt tadi tidak cepat tertutp, caranya..

Edit file Coba1.bat yang tadi, tambahkan kata "Pause" dibawah tulisan "echo" seperti ini :

Echo belajar batchfile Andre Blog. . .

Pause

Sudah ?? kalau sudah silahkan simpan lagi perintah batch file tersebut dengan nama yang sama dan coba jalankan.

Terulang lagi seperti yang tadi ? Pasti. . . Tapi kali ini, jendela command prompt tidak langsung hilang, coba sekarang anda tekan sembarang tombol hilang deh.hehehhe.

Sekarang dapat kita ketahui bahwa perintah Pause di batch file tadi berfungsi untuk menghentikan proses sementara waktu, dan akan berjalan kembali setelah ada perintah masukan(Penekanan Tombol).

Lanjut, sekarang kita buat agar tampilan command prompt nya lebih berbeda, coba anda tambahkan perintah "Echo Off" tanpa tanda kutip loh seperti ini :

Echo off

Echo belajar batchfile Andre Blog. . .

Pause

Perlu anda ingat, tulis di file Coba1.bat yang tadi. Lalu jalankan kembali. Tuhkan tampilan nya berubah lebih enak dilihat. Dan sekarang kita akan membuat batch programing lebih rapih lagi, dengan cara menambahkan perintah "CLS" pada file Coba1.bat seperti ini contohnya..

Echo off

cls

Echo belajar batchfile Andre Blog. . .

Pause

Save kembali dan jalan kan ! ! ! apa ada perbedaan ?? Silahkan jawab sendiri yah . . .

Oke sampai disini dulu tulisan saya tentang batch programing nya yang sangat-sangat mendasar, semoga saja anda semua bisa paham penggunaan batch file sederhana ini. Lain waktu saya akan coba untuk berbagi kembali tentan batch programming yang lebih ekstrim lagi(halah) dengan menambahkan beberapa perintah internal maupun eksternal dari DOS.

Semoga bisa berguna dan bermanfaat.

Sumber dari : berbgai tutorial dan buku tentang batch programing dan pembuatan virus

Salam NewBie Pecinta IT :

10 komentar :

  1. Infonya bagus, meskipun saya masih susah mengertinya, karena awan programming

    Amrih Gunawan

    BalasHapus
  2. he he he.. jadi inget belajar word star n lotus dulu.. tampilan item putih..

    Blogge Arie Cah Kebumen

    BalasHapus
  3. wash... nambah elmu neh... sbenarnya emang pnting kyak ginian, soalny org2 udh kbanyakan blajar hasil jadinya, tapi ga tau asalnya dr mana... dasar2 itu emang penting sob... trims sharingnya.. ^^

    BalasHapus
  4. good article, informative, importan and very useful

    BalasHapus
  5. ilmu baru nich yang perlu di pelajari...... ^,^

    BalasHapus
  6. blog walkin, nce information...good luck...mantab postingannya berguna bgt sobat...

    BalasHapus
  7. ok. . .
    blogwalking saudara , , ,
    mampir balik ya. .

    BalasHapus
  8. copas bgt lo.............

    BalasHapus
  9. lumayan buat nambah pengetahuan
    blogwalking sob, http://www.ruangandi.co.cc

    BalasHapus

RELATED POST :