12 Februari 2010

Merubah USB Menjadi Virtual Memory Dengan eBoostr

Berdasarkan pertanyaan yang ada didalam grup Cyber Community yang saya buat di Face Book tentang membuat USB menjadi Virtual Memory pada Windows XP. dan kali saya akan mencoba untuk mempost nya didalam blog ini.

Apa itu Virtual Memory ? ? Virtual memori itu adalah suatu bagian dari suatu hard drive yang diidentifikasi sebagai RAM melalui sistem operasi atau software lain. Karena memory hard drive lebih murah dari pada RAM tambahan, maka virtual memory adalah cara yang lebih murah untuk memperoleh tambahan memory dan meningkatkan kecepatan operasi aplikasi. Biasanya memory ini halamannya diarahkan ke harddisk.


Dan menambah nya dengan USB gimana ?? Oke saya akan jelaskan disini deng membuat USB menjadi Virtual Memory. Bagaimana caranya ?? Disini saya membuat USB dengan Virtual Memory dengan menggunakan program eBoostr.

eBoostr ini sangat membantu untuk desktop/notebook lama yang kapasitas RAM-nya sangat kecil, di antara 128-512 untuk yang punya RAM 1 GIGA ke atas kamu tidak akan merasakan terlalu banyak penambahan kecepatan setelah menggunakan eBoostr maka itu banyak yang mengira program ini adalah program gagal padahal sebenarnya tidak.

Konsep dasar eBoostr adalah membuat cache kedalam flash disk yang tentunya kecepatan akses data untuk write/read lebih cepat ketimbang proses melalui hard disk.

Adapun syarat² yang harus wajib kalian penuhi untuk mendapatkan hasil maksimal adalah sebagai berikut:

  1. Port USB 2.0 (kalau versi port USB kalian 1.1 bisa diatasi dengan membeli PCI to USB 2.0 card harganya murah sekitar 45-65 ribu Rupiah)
  2. Flash Disk dengan kecepatan Read/Write minimal 20MBPS, lebih cepat lebih baik tidak perlu space yang sangat besar minimal 1 giga saja sudah cukup, atau kalau kesulitan menemukan flash disk yang kecepatan read/write bagus silahkan cari flash disk dengan label “ReadyBoost“.
  3. eBoostr program.

Cara instalasinya juga sangat mudah, pertama download dulu program eBoostr disini, lalu install program eBoostr pada komputer kamu, lalu masukkan flash disk anda kedalam port USB 2.0, setelah itu kamu bisa menambahkan perangkat ini kedalam program eBoostr, build cache di flash disk ini setelah selesai rasakan perbedaanya komputer kamu pasti lebih responsif dan gesit.

Oke sekian dulu dari saya. Tulisan ini berdasarkan dari hasil tes yang telah lama saya perbuat yang didasarkan dengan beberapa sumber yang saya dapatkan. OK semoga tulisan ini bisa berguna bagi teman-teman semua.


Salam Newbie Pecinta IT :

1 komentar :

RELATED POST :